
YahooTrend, Waterloo - Dalam pengajuan peraturan terkini perusahaan, BlackBerry mengakui bahwa mereka kalah saing dengan rivalnya di pasar.
BlackBerry memperkirakan penjualan unit produk yang langsung ke pelanggan sekitar 5,9 juta unit pada kuartal terakhir.Bandingkan dengan iPhone 5S dan 5C yang menetapkan sembilan juta penjualan hanya dalam tiga hari setelah dipasarkan.
Kemudian dari 5,9 juta unit perangkat tersebut, 4,2 juta unit di antaranya ternyata masih menggunakan OS BlackBerry 7, menyiratkan tidak lakunya perangkat BlackBerry 10.
"Persaingan yang ketat berdampak pada hasil keuangan dan operasional perusahaan. Sebelumnya hanya terjadi di Amerika Serikat, (namun) kini juga dialami secara global, termasuk di pasar internasional yang mana perusahaan secara historis pernah mengalami pertumbuhan cepat," kata BlackBerry, seperti dikutip TechRadar.
Mantan pemimpin pasar yang dulu dikenal sebagai RIM itu menyalahkan pasar negara berkembang dengan perangkat Android murah yang mengalihkan perhatian pengguna dari smartphone BlackBerry 7.
Sementara di sisi lain, BlackBerry 10 tertutup gemilangnya kiprah perangkat mahal Android dan iPhone. Hanya BBM yang saat ini masih bisa diandalkan BlackBerry, meski reputasinya sempat tercoreng karena gagalnya peluncuran aplikasi di Android dan iPhone. [mor]